Menu

Keahlian yang Perlu Dikuasai Mahasiswa Sastra, Komunikasi, dan Jurusan 'Liberal Arts' Lainnya, Agar Bisa Bersaing di Dunia Kerja

Jurusan-jurusan Sastra, Komunikasi, dan Liberal Arts lainnya sering dipandang sebelah mata. Bahkan ada orang-orang yang nggak yakin dengan peluang karier dan daya saing mereka dibanding lulusan jurusan lainnya.

Tapi kalau menurut artikel berjudul What Can You Do With That (Useless) Liberal Arts Degree di  situs Forbes, peluang kerja jurusan Liberal Arts—yang notabene sering dipandang sebelah mata dan dianggap useless. (HIKS!)—cukup luas. Dari mulai di industri media, keuangan, perndidikan, dan sebagainya. Youthmanual sendiri pernah tanya-tanya ke alumni Sastra, dan ternyata bidang kerja mereka luas dan menjanjikan, lho!

Di sisi lain, lulusan jurusan bidang Liberal Arts, seperti Sastra, Sejarah, serta Komunikasi harus bekerja keras jika ingin stand out dan meraih peluang tersebut. Mereka harus menguasai keahlian, berupa soft skill dan dan hard skill berikut ini:

Manajemen

Maksudnya adalah skill manajemen secara umum, seperti mengatur dan mengordinasikan berbagai hal. Menurut artikel di Forbes, skill manajemen adalah yang paling banyak dibutuhkan.

Komunikasi

Bisa berkomunikasi dengan berbagai tipe orang, punya kemampuan public speaking, dan aware dengan perkembangan berbagai channel komunikasi, seperti media sosial. Wawasan yang luas, update dengan perkembangan informasi, serta pemikiran yang terbuka mendukung kemampuan komunikasi.

Riset

Ini merupakan gabungan antara soft skill dan hard skill, yaitu pengetahuan dan teori riset dan pengolahan data, serta kemampuan menganalisa dan bersikap kritis.

Pemasaran (Marketing)

Sama seperti manajemen, maksud skill marketing di sini lebih kepada kemampuan di bidang pemasaran secara umum.

Mengajar

Bisa menyampaikan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya pada orang lain.

Menulis

Baik tulisan ilmiah, artikel, rilis, dan lain sebagainya. Menguasai kaidah dan tata bahasa.  

Bahasa Inggris

Baik lisan maupun tulisan

Bahasa lainnya

Kemampuan bahasa ini bisa jadi nilai plus banget lho. Seperti teman saya yang berhasil diterima di perusahaan Jepang yang bergerak di bidang Ekonomi karena ia menguasai bahasa Jepang.

Komputer

Menguasai penggunaan komputer dan penggunaan software seperti Office kayaknya menjadi skill yang mutlak dimiliki. Semakin jago kemampuanmu dan semakin dalam pengetahuan digital kamu, akan semakin baik.

***

Dari mana dong, kamu bisa mendapatkan mengasah berbagai skill ini? Bisa dari mengambil kursus, pengalaman kerja/magang, berorganisasi selama kuliah dan banyak lainnya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca nih, cara-cara untuk memperoleh hard skills dan soft skills di sini.     

(sumber gambar: timeshighereducation.com, hrdailyadvisor.blr.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©