Menu

Dunia Kuliah 101

Panduan ini akan mengajak kamu untuk menyelami dunia kuliah mulai dari berkenalan dengan berbagai istilah yang ada di dalam dunia perkuliahan, serba-serbi merantau dan kost, kegiatan dan organisasi kemahasiswaan, hingga panduan lengkap akademik perkuliahan.

Di kehidupan baru kamu nanti sebagai anak kuliahan, kamu bakal terpapar dengan banyak hal yang mungkin belum pernah kamu ketahui bahkan dengar ketika masih berstatus sebagai siswa. That's why Youthmanual sangat menyarankan kamu untuk kepo-kepo asyik seputar dunia kuliah. Kata pepatah, tak kenal maha tak sayang, 'kan? Ahay.

Siap jadi anak kuliahan artinya siap untuk mempelajari hal baru dan upgrade wawasan. Tapi, sebelum kamu fokus mengejar nilai setinggi-tingginya, alangkah lebih baik kalau kamu upgrade dulu wawasan paling esensial seputar dunia kuliah agar kamu dapat lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, dimulai dari… mengakrabkan diri dengan istilah-istilah yang anak kuliahan banget.

 

Kamus Lengkap Istilah Dunia Kuliah

Gaes, terutama kamu yang baru menyandang status mahasiswa, apa yang kamu tahu tentang SKS, Hima, dan Pembimbing Akademik?

Kalau kamu bisa menjawabnya dengan benar dan lancar, good for you. Kalau nggak, hmm… kayaknya kamu belum jadi anak kuliahan yang seutuhnya, nih. Nggak seru, dong, udah jadi mahasiswa tapi masih roaming ketika ditanya hal-hal di atas oleh orang sekitarmu.

That’s why kamu wajib banget kuasai istilah-istilah yang sering digunakan di dunia perkuliahan yang Youthmanual rangkum khusus menjadi “kamus kampus” untuk membuat hari-harimu sebagai mahasiswa jauh lebih mudah. Cekidot!

kamuskampus

Asisten Dosen
Biasa disingkat asdos, yaitu mahasiswa atau fresh graduate atau tingkat akhir yang ditugaskan untuk membantu dosen menyiapkan hal-hal terkait kegiatan perkuliahan ataupun proyek penelitian.

BEM
Badan Eksekutif Mahasiswa yang merupakan organisasi kemahasiswaan. Kalau di SMA, sih, semacam OSIS. Dalam pelaksanaannya, ada BEM yang mencakup tingkat fakultas, dan ada pula BEM yang mencakup tingkat perguruan tinggi.

BPM/Senat
Organisasi perwakilan mahasiswa yang memantau jalannya Badan Eksekutif Mahasiswa.

Civitas Akademik
Anggota komunitas perguruan tinggi yang terdiri dari dosen, mahasiswa, dan semua badan kepengurusan kampus.

Cum laude
Gelar yang diberikan pada mahasiswa yang berhasil lulus tepat waktu dengan IPK tinggi, yang secara harfiah berarti "dengan pujian". Untuk D-3 dan S-1 harus di atas 3.50 dan dan S2/S3 harus di atas 3.75.

Cuti Akademik
Izin yang diberikan oleh pemangku kepentingan perguruan tinggi kepada mahasiswa untuk tidak mengikuti kegiatan akademik selama 6 (enam) bulan atau satu semester dengan alasan tertentu. Trus, maksimal mengajukan cuti akademik adalah dua kali.

Dekan
Dosen yang diangkat untuk mengepalai suatu fakultas.

Disertasi
Proyek besar di perkuliahan S3. Karya tulis berupa hasil penelitian yang lebih mendalam dan lengkap dibandingkan tesis. Akan ada sidang disertasi yang menentukan kelulusan. Untuk mahasiswa baru seperti kamu, disertasi biasanya digunakan sebagai referensi bahan pembelajaran.

DNS
Daftar Nilai Semester. Semacam rapor untuk anak kuliah. Biasanya, DNS dapat diakses dalam bentuk online.

Dosen
“Guru” di dunia kuliah. Dosen sebagai tenaga pengajar di perguran tinggi nggak cuma bertugas untuk megajar, tetapi juga membimbing kamu sebagai mahasiswa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Dosen Pembimbing
Dosen yang bertugas untuk membimbing kamu ke "jalan yang baik dan benar" dalam hal skripsi atau Tugas Akhir. Biasanya, pemilihan tema skripsi/tugas akhir akan menentukan siapa yang menjadi dosen pembimbing kamu.

Ekstensi
Program perkuliahan untuk meneruskan program diploma ke jenjang sarjana.

Fakultas
Divisi dalam sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari suatu area subyek atau sejumlah bidang studi terkait sebagai unsur pelaksana akademik.

Herregistrasi
Proses pendaftaran kembali mahasiswa yang akan aktif pada setiap semester baru. Dalam proses herregistrasi, biasanya kamu sudah harus menyelesaikan pembayaran biaya kuliah untuk dapat mengisi IRS/KRS.

HMJ/HIMA
Himpunan Mahasiswa Jurusan/Himpunan Mahasiswa, yaitu organisasi mahasiswa dalam tingkat jurusan/program studi.

IP
Indeks Prestasi alias nilai yang diperoleh dalam perkuliahan. Rentang IP adalah antara 0 hingga 4.

IPK
Indeks Prestasi Kumulatif, atau perhitungan gabungan nilai IP dari tiap semester dalam bentuk rata-rata. Sama seperti IP, rentang IPK juga antara 0 sampai 4.

IRS/KRS
Isian Rencana Studi/Kartu Rencana Studi yang berisi daftar mata kuliah dan jumlah SKS yang akan diambil di semester depan. Sebelum mulai masuk kuliah, biasanya ada masa singkat untuk mengisi IRS/KRS ini.

KHS/KKS
Kartu Hasil Studi atau Kartu Kemajuan Studi yang memuat hasil studi kamu selama satu semester dalam bentuk huruf mutu dan Indeks Prestasi.

KTM
Kartu Tanda Mahasiswa. Ibarat KTP untuk tanda bukti kependudukan, gitu.

Kelas internasional
Program kuliah di perguruan tinggi Indonesia yang bekerja sama dengan perguruan tinggi asing yang menjadi rekannya. Biasanya, perkuliahan dilakukan sebagian di Indonesia dan sebagian di luar negeri.

Ketua/Kepala/Koordinator Program Studi (Kaprodi)
Dosen yang diangkat menjadi pemimpin di tiap program studi. Biasanya, kalau lagi skripsi/tugas akhir, kamu bakal sibuk ngejer Dosen Kaprodi untuk minta tanda tangan, hihihi.

KKN
Kuliah Kerja Nyata atau praktek langsung di lapangan menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah, yang juga bertujuan untuk mewujudkan pengabdian kepada masyarakat. KKN biasanya berlangsung menjelang akhir masa kuliah (di atas semester 5).

NIM/NPM
Nomor Induk Mahasiswa/Nomor Pokok Mahasiswa, yang digunakan sebagai nomor identitas kamu selama masa kuliah.

Pembimbing Akademik (PA)
Biasanya, ada satu dosen yang ditunjuk untuk menjadi pembimbing kamu selama masa kuliah. Setidaknya, kamu akan menemui PA tiap semester, untuk mengevaluasi perkuliahan dan mengajukan rencana studi selama satu semester ke depan. PA-lah yang menentukan apakah rencana studi (daftar mata kuliah) yang sudah kamu susun diterima atau tidak. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan PA untuk urusan perkuliahan lainnya.

Peminatan Studi/Konsentrasi Studi
Pengkhususan di tiap program studi yang bisa dipilih mahasiswa pada semester tertentu. Misalnya, di program studi Ilmu Komunikasi‍ ada peminatan Komunikasi Massa, Hubungan Masyarakat‍, dan Periklanan‍. Namun, nggak semua program studi memiliki peminatan.

Program studi/Prodi
Kesatuan atau unit pelaksana pada perguruan tinggi yang melaksanakan kegiatan akademik ataupun profesional dalam kurikulum tertentu. Kalau dalam bahasa pelajar, ini adalah hal yang paling bikin kamu galau maksimal selama merencanakan kuliah.

Rektor
Pimpinan tertinggi di dalam sebuah civitas akademik, sekaligus berperan sebagai pejabat pembantu Menteri pendidikan dalam menjalankan tugasnya.

Semester Ganjil
Masa perkuliahan semester 1, 3, 5, 7 (dan seterusnya). Biasanya berlangsung antara bulan Agustus (akhir) hingga Desember.

Semester Genap
Masa perkuliahan semester 2, 4, 6, 8 (dan seterusnya). Biasanya berlangsung antara bulan Februari hingga awal Juni.

Semester Pendek
Perkuliahan ekstra di masa liburan. Biasanya dilakukan setelah selesai semester genap dan sebelum masuk semester ganjil karena masa liburnya relatif lebih panjang. Dilakukan untuk mengejar kuliah yang tertinggal atau agar bisa lulus lebih cepat.

Skripsi
Proyek besar di penghujung perkuliahan S-1, berupa karya tulis dari hasil penelitian. Skripsi merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari seminar proposal sampai sidang akhir

SKS
Satuan Kredit Semester, yang menunjukkan bobot mata kuliah. Misalnya, mata kuliah A 2 SKS, sedangkan mata kuliah B 4 SKS. Artinya bobot mata kuliah B lebih besar, baik dalam jam pelajaran (biasanya lebih panjang) dan pengaruhnya dalam nilai. Oya, SKS juga dikenal dengan nama Beban Studi.

SPP
Sumbangan Pembinaan Pendidikan, adalah biaya kuliah yang harus dibayarkan oleh mahasiswa setiap semester. Biasanya, istilah SPP masih awam digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Tesis
Konsepnya seperti skripsi, tapi lebih mendalam dan merupakan syarat kelulusan untuk program S-2/Magister. Dalam tesis biasanya mahasiswa diminta untuk menghasilkan teori baru. Sama halnya dengan skripsi/TA dan disertasi, tesis juga diujikan dengan sidang. Sama seperti disertasi, tesis biasanya digunakan sebagai referensi bahan pembelajaran.

TKA/TA
Tugas Karya Akhir atau Tugas Akhir. Merupakan proyek besar di penghujung perkuliahan, yang biasanya berupa karya dan laporan. Hasil TKA akan disidangkan, untuk memperoleh nilai yang memengaruhi Indeks Prestasi, serta menentukan kelulusan

UKM
Unit Kegiatan Mahasiswa yang merupakan kegiatan ekstrakurikuler di kampus yang memiliki struktur kepengurusan.

UKT
Uang Kuliah Tunggal, yaitu biaya kuliah yang harus ditanggung Mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya. Biasanya, yang menerapkan sistem UKT adalah Perguruan Tinggi Negeri.


Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©