Menu

Anak SMA Tapi Punya Penghasilan? Bisa Kok, Dengan Melakoni Pekerjaan-Pekerjaan Ini

Mungkin kamu punya teman yang barang-barangnya selalu oke—tas kece, sepatu terkini, gadget terbaru, bisa jalan-jalan ke luar kota tiap libur semesteran pula! Pasti kamu langsung mengira, “Wah, anak orang kaya, nih!”. Tebakanmu bisa saja benar, tapi bisa jadi mereka diam-diam punya pekerjaan atau sampingan. Zaman sekarang, ada banyak banget, lho, anak SMA yang punya usaha sendiri, dan sukses pula.

Buat yang masih SMA, kamu juga bisa dapat tambahan uang saku dengan mencoba beberapa pilihan pekerjaan ini. Asal kamu rela kerja keras dan bisa mengatur waktu dengan baik, pekerjaan ini nggak akan mengganggu sekolahmu.

1. Guru Privat

Kalau kamu merasa berbakat dalam menjelaskan materi ke orang lain, kamu bisa coba jadi guru privat. Jangan merasa nggak pede mentang-mentang kamu masih SMA, ya. Seenggaknya ‘kan kamu sudah lulus SD dan SMP. Jadi kamu bisa, dong, mengajar anak-anak SD ataupun SMP. Pertajam saja ilmu yang mau kamu ajarkan, dengan banyak baca. Pasti prakteknya bisa, deh.

Kalau sudah pede, coba tanya tetangga kanan-kiri rumahmu, apakah ada yang butuh guru privat untuk anggota keluarganya? Selain dapat tambahan uang, kamu juga jadi lebih menguasai materi ilmu yang kamu ajarkan.

2. Freelance Ilustrator

Kalau kamu jago gambar, coba buka jasa menggambar, deh. Apalagi kalau kamu jago bikin karikatur atau gambar muka. Banyak yang cari jasa tersebut, tuh! Bisa jadi alternatif kado pula.

Atau kalau kamu suka membuat desain logo, kamu juga bisa menawarkan jasamu ke teman-teman atau keluarga yang berencana buka usaha atau mengadakan event. Sambil berkarya, kamu pun tetap dapat uang. Asyik ‘kan?

3. Buka Online Shop

Daripada medsos kamu cuma dibuat stalking gebetan atau mantan, mending kamu manfaatkan platform tersebut untuk jualan. Apalagi kalau kamu punya banyak follower. Sayang banget, lho, kalau nggak dimanfaatkan.

Apa yang bisa dijual di online shop medsos? Banyak banget! Mulai dari barang—entah barang karya kamu sendiri, ataupun jadi reseller—sampai jasa. Jualan via online shop juga nggak akan mengganggu kegiatan belajarmu, kok. Saat jam istirahat, pulang sekolah, nunggu les, atau saat lagi santai di rumah, kamu ‘kan tetap bisa mengurus online shop kamu. Fleksibel, tetapi duit tetap ngalir (kalau kamunya juga tekun dan rajin, ya), hehehe.

4. Freelance Writer

Suka menulis? Coba, deh, jadi freelance writer. Di era digital ini, banyak banget perusahaan-perusahaan yang butuh penulis—tetap maupun freelance—untuk mengisi konten website mereka (termasuk Youthmanual! Klik di sini, kalau kamu mau berkontribusi tulisan untuk kami)

Karena jenisnya freelance, pekerjaannya pun fleksibel, karena kamu bisa bekerja di mana saja, bahkan di sela-sela jadwal sekolah kamu. Tetapi walaupun fleksibel, kamu tetap harus serius mengerjakannya ya, gaes!

(sumber gambar : jalantikus.com, juara-kelas.com, hehdesignsny.com, ndisen.com, www.rosediana.net)

 

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©