Menu

Hal-Hal yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun Terakhir Supaya Masa Sekolah Kamu Lebih Berarti

Apa aja, sih, hal-hal penting yang harus kamu lakukan supaya tahun terakhir kamu di sekolah bisa dimaksimalkan dengan baik?

1. Terlibat berbagai kegiatan sekolah

Setelah tiga tahun, atau mungkin enam tahun kalau SMP kamu juga berada di sekolah yang sama, kamu pasti udah tahu dong kegiatan apa aja yang menarik perhatian kamu. Nah, tahun ini coba untuk nggak cuma jadi penonton aja, tapi juga ikut menjadi panitia atau peserta.

Misalnya, coba ajukan diri untuk ikut kegiatan bakti sosial bareng anak-anak OSIS meskipun kamu bukan anggota OSIS.

Memberikan kontribusi ke sekolah meskipun itu adalah hal kecil, bikin kamu punya sesuatu untuk dikenang dan dibanggakan.

2. Luangkan waktu bersama teman-teman kamu

Banyak yang bilang kalau udah kelas 12, kamu dan teman-teman bakal sibuk masing-masing mengurus urusan pribadi. Ada yang sibuk serah terima jabatan di organisasi, ada yang sibuk try out masuk universitas favorit, atau ada yang panik mempersiapkan ujian akhir.

Meskipun begitu, kebersamaan bareng teman-teman di kelas 12 tetap harus dijaga, gaes. Kalau kamu nggak punya waktu buat sering nongkrong bareng, maka buat satu waktu dengan durasi yang lebih lama dan diisi dengan kegitaan yang lebih seru.

Misalnya, coba buat video cerita dengan tema yang unik bersama geng atau malah teman sekelas. Makan di tempat favorit kalian bersama-sama dan jangan lewatkan kesempatan untuk saling bertukar mimpi. Suatu hari, kalian pasti terharu kalau memutar video ini.

Tahun terakhir sekolah 1 - Youthmanual

3. Bangun hubungan baik dengan guru

Mungkin deket-deket guru adalah hal paling bikin males yang harus kamu lakukan di sekolah. Tapi percaya, deh, ini bermanfaat banget! Kedekatan kamu dengan guru bakal bikin kamu gampang diingat. Akhirnya, guru tersebut jadi nggak ragu untuk gasih nilai bagus. Tentunya didukung kerja keras kamu dalam menyelesaikan tugas-tugas, ya.

Di masa perkuliahan nanti, kamu bakal merasakan betapa bermanfaatnya membangun hubungan yang baik dengan dosen. Makanya, latihan dari sekarang sama guru-guru di sekolah, sob!

Kamu nggak perlu memaksakan deket-deket sama guru yang nggak kamu suka. Paling nggak, coba dekati guru favorit dan minta saran soal masa depan yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu. Jangan lupa bilang terima kasih dengan tulus di setiap sesi ngobrol supaya guru tersebut tetap semangat membantu kamu sampai kelulusan nanti.

4. Jujur sama pasangan kamu

Kalau kamu udah punya cinta monyet di sekolah, maka kelas 12 adalah masa yang tepat buat ngobrolin soal perasaan kamu. Bilang bahwa kamu mau fokus untuk mempersiapkan diri masuk universitas unggulan dan kamu mau kalian berdua saling membantu mewujudkan mimpi itu.

Jangan sampe, mepetnya waktu kelulusan malah bikin hubungan kalian jadi drama. Penuh rasa cemburu, menghabiskan terlalu banyak waktu dan akhirnya malah bikin nggak fokus. Nikmati kebersamaan dengan saling support atau putus aja sekalian kalau ternyata pasangan kamu bukan orang yang mau diajak maju dan berkembang ke arah positif.

Menurut saya, masa depan kamu masih panjang, lho. Kehilangan pasangan di usia ini bukan hal besar.

Tahun terakhir sekolah 2 - Youthmanual.jpg

5. Jangan kasih kendor

Belajar tetap nomor satu, gaes. Meskipun banyak kegiatan yang ikuti dan ngumpul sama teman tetap jalan, nilai-nilai di kelas HARUS tetap kamu jaga.

Nggak usahlah sibuk ngurusin adik kelas yang banyak tingkah. Ingat, zaman sekarang udah nggak musim gencet-gencetan. Mendingan gunakan waktu kamu buat hunting beasiswa kuliah atau mencari tahu tentang passing grades universitas incaran kamu.

***

Tahun terakhir sekolah 3 - Youthmanual

 

(Sumber gambar: seventeen.com, youtube.com, wikihow.com, pinterest.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©