Menu

Timeline Menuju SBMPTN dan Seleksi Perguruan Tinggi 2017. Yuk, Mulai Atur Jadwal Belajar Kamu!

Hai, anak-anak kelas 12! Siap berjuang di SBMPTN tahun depan?

“Lah, Kak. Saya ‘kan baruuu aja naik kelas 12. SBMPTN juga masih tahun depan. Kok ditanyainnya sekarang?”

Wah, jangan berpikir seperti itu, ya. Medan perang di kelas 12 berat banget, jadi kamu HARUS mempersiapkan dari SEKARANG. Yap, SEKARANG. Satu tahun sebelum SBMPTN diadakan, saat kamu baru mau naik kelas 12 ini.

Banyak anak kelas 12 belum tembus SBMPTN karena mereka nggak mempersiapkan manajemen waktu dengan baik. Padahal di kelas 12, kamu nggak cuma harus siap-siap SBMPTN, tapi juga ujian semester, Ujian Praktikum, UN, SBMPTN serta Ujian-ujian Mandiri.
Kebayang nggak, tuh, ribetnya kayak apa?

Jadi jangan sampai kamu gagal SBMPTN karena nggak bisa mengatur waktu dengan baik. This is your last year of school, gaes. Jangan kasih kendor!

Nah, supaya kamu ada bayangan—dan bisa mempersiapkan diri dengan baik—berikut adalah timeline jadwal kelas 12, berdasarkan tahun ajaran KEMARIN alias 2015/2016.

Kenapa tahun lalu? Karena jadwal tahun ajaran 2016/2017 belum keluar dengan lengkap. Youthmanual sudah pernah menayangkan kalender akademik SMA 2016/2017 di sini, tapi ada tanggal-tanggal detil yang belum pasti.

Tapi jadwal kegiatan setiap tahun biasanya nggak berubah banyak, jadi kamu bisa menjadikan jadwal tahun 2015/2016 sebagai acuan tahun lalu.

1. Juli s/d Maret 2016: Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah efektif dilaksanakan mulai akhir Juli atau awal Agustus sampai Maret. Totalnya 8 bulan. Tapi kalau dikurangi libur sekolah dan pelaksanaan UTS-UAS, maka efektif belajarnya cuma sekitar 7 bulan.

Tips: jangan hanya belajar dengan mengandalkan materi dari sekolah. Waktunya terlalu mepet gaes! Usahakan belajar dan ngulik materi sendiri.

2. September 2016: Seleksi Masuk PTS Berdasarkan Nilai Raport

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) berdasarkan nilai raport diperkirakan mulai dibuka bulan September 2016 sampai Agustus 2017.

Setiap PTS punyai timeline yang berbeda-beda. Ada yang sudah mulai buka seleksi bulan Agustus 2016, ada yang baru mulai bulan Januari 2017. Namun secara umum, seleksi PTS berdasarkan nilai raport (serta aplikasi beasiswa) biasanya dilaksanakan pada awal periode pendaftaran.

Selain itu, di awal-awal periode pendaftaran, pendaftarnya juga masih sedikit, sehingga saingan kamu nggak terlalu banyak. Jadi, jangan menunda pendaftaran, ya!

Tips: Kalau kamu memang benar-benar ngeber masuk PTS tertentu, rajin-rajin cek jadwal pendaftaran PTS itu, ya, lalu, usahakan daftar di awal periode tersebut. Setelah SBMPTN, biasanya jarang PTS melakukan seleksi berdasarkan nilai raport. Lebih banyak yang mengadakan seleksi melalui tes, dimana saingan kamu juga tentunya akan nambah.

3. Oktober 2016: UTS Semester Ganjil, Desember 2016: UAS Semester Ganjil

Nilai UTS dan UAS sangat penting sebagai bahan penilaian SNMPTN, jadi kalau kamu memang mengincar SNMPTN, kamu wajib memaksimalkan dua ujian ini.

4. Januari s/d Maret 2017: Bimbingan Ujian Nasional Sekolah

Biasanya, sekolah mengadakan bimbingan Ujian Nasional selama 2-3 bulan, sekitar Januari – Maret. Durasi bimbingan ini biasanya sekitar 2 jam, di luar jam sekolah. Kalau kamu juga ikut bimbel lain di luar sekolah, hampir pasti kamu baru akan pulang larut sore atau bahkan malam.

Kesimpulannya: Kalau kamu nggak mulai nyicil belajar dari sekarang, saat periode bimbingan Ujian Nasional nanti, kamu bakal harus mati-matian! Fisik capek, otak apalagi, karena terus dijejeli materi dari pagi sampai malem. Hasilnya, kamu jadi nggak bisa menyerap materi dengan maksimal.

5. Februari s/d awal Maret 2017: Pendaftaran SNMPTN dan Seleksi Mandiri PTN (Diploma)

Pendaftaran SNMPTN biasanya dibuka pada Februari sampai awal Maret. Setelah pendaftaran ditutup, berkas pendaftaran SNMPTN akan dikirim ke PTN pilihan I untuk diseleksi. Proses seleksi ini sekitar sebulan.

Apabila kamu nggak diterima di PTN pilihan I, berkas pendaftaran akan diseleksi di PTN pilihan II. Proses seleksi ini sekitar sebulan juga. Jadi total waktu seleksi di PTN adalah dua bulan, dari awal Maret 2017 sampai awal Mei 2017.

Sekitar pertengahan Mei 2017, diperkirakan hasil SNMPTN baru akan diumumkan di website.
Bagi yang tertarik kuliah diploma, bulan ini juga biasanya diadakan Seleksi Mandiri PTN untuk program diploma (D3 & D4), serta pendaftaran seleksi program diploma dari beberapa perguruan tinggi seperti politeknik dan universitas (contohnya, IPB). Waktunya hampir bersamaan dengan SNMPTN.

6. Februari 2017: Try-Out UN

Biasanya, Try Out Ujian Nasional juga dilaksanakan sekitar bulan Februari, oleh masing-masing dinas pendidikan daerah. Waktu penyelenggaraannya tiap daerah bisa beda-beda.

7. April 2017: Ujian Nasional

Saat ini belum ada info tanggal Ujian Nasional 2017. Sebagai gambaran, tahun ajaran lalu, Ujian Nasional dilaksanakan pada tanggal 4 April 2016.

Ujian Nasional ini tidak menentukan kelulusan siswa, dan belum jelas apakah dijadikan penilaian di SNMPTN. Yang pasti, kalau nilai UJIAN NASIONALkamu berada dibawah 55, kamu boleh ikut Ujian Perbaikan sekitar bulan Juni – September.

Kesimpulannya: jangan stress soal UN!

8. Akhir April / Awal Mei 2017: Pendaftaran SBMPTN

Pada tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN biasanya dilaksanakan pada akhir Mei atau awal Juni. Meskipun begitu, pendaftarannya biasanya akan dibuka pada akhir April / awal Mei. Jadwal lengkap pelaksanaan SBMPTN biasanya akan dirilis Maret / April.

9. Akhir Mei / Awal Juni 2017: Pelaksanaan SBMPTN

10. Juni-Juli 2017: Seleksi Mandiri PTN (S1)

Seleksi Mandiri S1 PTN mulai dilaksanakan setelah SBMPTN, sekitar bulan Juni sampai Juli. Meskipun begitu, pendaftarannya biasanya sudah mulai dibuka pada bulan Mei.
Beberapa hari setelah SBMPTN biasanya SIMAK UI dan UM UGM akan dilaksanakan bersamaan.

Jadi kalau target kamu adalah seleksi mandiri ini—terutama SIMAK UI atau UM UGM—siapkan diri jauh-jauh hari, ya!

(sumber foto: askmeoneducation.com, commons.wikimedia.org,  2012books.lardbucket.org, dalgazette.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©