Menu

Walaupun Sederhana, Berikut 5 Tips Persiapan SBMPTN yang Perlu Kamu Perhatikan

Oleh Dewa Made Rai

Kalau kamu bercita-cita masuk Perguruan Tinggi Negeri, wah, mendapat satu kursi di PTN, tuh, nggak gampang, lho, gaes! Bayangkan, di seleksi nasional ini, satu bangku kuliah diperebutkan oleh 2,000 orang. Fiuh, rasanya pengen ya bawa pulang bangku kuliahnya, biar nggak diambil calon mahasiswa lain.

Karena kompetisi masuk PTN sangat ketat, kamu harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya sebelum SBMPTN, agar ujian kamu nggak gagal cuma gara-gara hal-hal sepele. Berikut lima hal yang harus kamu persiapkan, agar ujianmu sukses. Cekidot!

1. Pastikan foto peserta SBMPTN kamu sesuai ketentuan

foto ujian naruto

Masih ingat nggak, tahun lalu ada seorang peserta SBMPTN diusir pas mau ikut ujian? Bukan karena dia nyontek, bukan juga karena ngelawan korupsi pengawas. Dia diusir karena memasang foto Naruto di kartu pesertanya. Buset?! Alasannya, sih, karena dia nggak punya foto lain. Zzzz.

Saya yakin kamu nggak bakal segokil itu, tapi tetap pastikan bahwa foto peserta SBMPTN kamu sesuai ketentuan dan jelas, sehingga nanti kamu mudah dikenali oleh pengawas ujian. Siapa tahu pengawas ujian kamu nanti seganteng Reza Rahadian, yang sekalian sedang mencari Ainun-nya…

2. Jaga kesehatan

Selesai Ujian Nasional, mungkin kamu langsung merasa sebebas merpati dan bisa mengerjakan apapun sesuka hati kamu. Walaupun begitu, kamu tetap wajib menjaga kesehatan. Jangan bablas keasyikan jalan-jalan, main, pulang malam, dan jajan sembarangan, gaes.

SBMPTN memang bisa diulang dua kali, tetapi memangnya kamu rela, kalau tahun ini gagal masuk PTN impian cuma gara-gara kurang fit atau bahkan sakit? Makanya, menjelang SBMPTN, mulai, deh, jaga makan, jaga tidur, dan jaga hati supaya tetap fit.

3. Cek lokasi ujian

Kamu bisa aja kebagian lokasi ujian SBMPTN yang jauuuuh banget dan nggak familiar. Karenanya, setelah mendapatkan informasi lokasi SBMPTN-mu, lakukanlah survei tempat. Tujuannya supaya ketika hari H, kamu sudah bisa memperkirakan waktu berangkat agar nggak terlambat… apalagi nyasar! Jangan sampai, deh.

Survei lokasi juga berguna untuk mencari tempat parkir enak serta tongkrongan yang tersedia, untuk menunggu waktu sebelum dan setelah ujian berlangsung.

4. Persiapkan alat tulis sendiri

alat tulis youthmanual

Walaupun Ujian Nasional telah berakhir, papan jalan dan pensil 2B kamu jangan dibuang dulu, gaes! Dua benda tersebut masih akan digunakan untuk SBMPTN maupun tes masuk universitas lainnya, kok, begitu juga dengan pulpen, penghapus, tipp-ex, dan cadangannya.

Jangan sampai, deh, saat mau mulai mengerjakan ujian, ternyata pulpen yang kamu bawa nggak nyata, pensil 2B-nya palsu, dan penghapusnya ternyata penghapus buat pulpen. Duh!

5. Mantapkan pilihan jurusan kuliah

Above all, persiapan SBMPTN yang paliiiing penting adalah memantapkan jurusan kuliah pilihanmu. Jurusan kuliah bisa menentukan babak hidup kamu berikutnya, maka kamu sudah harus tahu serba-serbi jurusan tersebut, mulai dari akreditasi di kampusnya, mata kuliah yang dipelajari, dan prospek kerjanya.

Belum mantap sama pilihan jurusan kamu? Langsung, deh, ulik direktori “Temukan Minat dan Jurusan” Youthmanual, sehingga kamu mendapat pencerahan tentang pilihan-pilihan jurusan kamu.

Last but not least, jangan lupa berdoa dan mintalah restu dari orang tua serta guru, agar perjalanan kamu menuju PTN dilancarkan!

Kalau masih ada masalah nilai ataupun tugas sekolah yang belum rampung, selesaikanlah segera. Kalau masih kangen dengan sekolah, main-mainlah ke sekolah. Tapi kalau masih ada kenangan dengan mantan, jangan mau di ajak LDR-an, ya, hihihi….

(sumber foto: haimanotgb.com, youthministry360.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©