Menu

Berbagai Superstisi Populer yang Ada Di Seluruh Dunia

Pernah denger kata superstisi? Superstisi memiliki arti sebagai bentuk kepercayaan yang nggak rasional atas suatu benda atau kejadian yang memiliki pengaruh kuat dalam menyebabkan terjadinya hal lain. Kalau di Indonesia, superstisi lebih dikenal dengan kata takhayul.

Superstisi sendiri bisa bermacam-macam, sesuai dengan kepercayaan dan kebiasaan kelompok masyarakat tertentu. Yang paling populer tentunya angka 13 dan kucing hitam yang sudah menjadi simbol pertanda sial yang “dipercayai” oleh hampir seluruh populasi manusia di muka bumi.

Eniwei, percaya nggak percaya (haha), selain angka 13 dan kucing item, superstisi-superstisi berikut ini juga nggak kalah pemes di berbagai belahan dunia.

1. Di Mesir, menggunakan gunting tanpa memotong apapun dipercaya bisa memberikan kamu suatu kesialan. Malah kalau kamu meninggalkannya dalam kondisi terbuka, nasib kamu bakal makin sial lagi!

1

2. Orang yang pertama kali melihat atau mendengar suara burung hantu juga dipercaya bakal ketimpa sial.

2

3. Kalau kamu di Perancis, ketika kamu menginjak kotoran dengan kaki kiri kamu, kamu bakal mendapat keberuntungan, dan begitu pula sebaliknya. Eits, tapi jangan disengaja juga ya nginjek kotorannya.

3

4. Masyarakat Lithuania percaya kalau seseorang bersiul di dalam ruangan, iblis akan datang menghampiri orang tersebut. Dan si iblis bakal neror dia abis-abisan!

4

5. Kebiasaan orang Jepang kalau lewat di area pemakaman, harus menyembunyikan jempol di dalam kepalan tangan. Katanya, sih, untuk melindungi orang tua mereka biar nggak cepet ketemu ajalnya.

5

6. Trus, menancapkan sumpit dengan keadaan vertikal di mangkuk nasi kamu juga bisa memberikan kamu kesialan.

6

7. Jangan marah-marah kalau ada ada kotoran burung jatuh di atap mobil, properti, atau bahkan diri kamu sendiri... di Rusia. Katanya, sih, bakal membawa kemakmuran!

7

8. Kalau kamu bisa memakan 12 butir anggur tepat di malam tahun baru di Spanyol, hidup kamu bakalan penuh keberuntungan selama 12 tahun berturut-turut!

8

9. Tapi, kalau kamu masuk ke ruangan apapun dengan kaki kiri terlebih dahulu, kamu bakal ditimpa kesialan.

9

10. Cewek-cewek Rwanda sangat menghindari konsumsi daging kambing, karena niscaya makan daging kambing bisa bikin mereka brewokan!

10

11. Bersulang dengan segelas air berarti “mendoakan” orang yang diajak bersulang untuk segera iz ded di Jerman.

11

12. Kata orang Brazil, kalau kamu menjatuhkan tas atau dompet ke lantai, tandanya kamu bakal segera jatuh miskin. Mungkin maksudnya kalau tas atau dompet yang jatuh itu keburu dicopet, kali...

12

13. Di Amerika Serikat, kalau kamu menginjak retakan yang ada di trotoar, tulang punggung ibu kamu bakal patah!

13

14. Berjalan mundur dipercaya akan membawa sial oleh masyarakat Portugal. Soalnya, nanti si iblis bisa ngikutin jejak langkah kamu!

14

15. Katanya, sih, kalau meminjamkan garam ke tetangga kamu di Belanda, kamu bakal ditimpa musibah. Suruh tetangganya beli aja di warung!

15

16. Trus, kalau kamu bernyanyi di meja makan, artinya kamu bernyanyi untuk iblis. Tiati... nanti iblisnya baper dinyanyiin.

16

17. Semua orang harus bersembunyi ketika gerhana matahari terjadi di India. Katanya, sih, sinar mataharinya mengandung racun!

17

18. Di Serbia, kamu bakal mendapatkan nasib baik jika kamu nggak sengaja menumpahkan air ke punggung seseorang. Kalau disengaja, sih, yang ada malah nasib buruk...

18

19. Masyarakat Korea Selatan nggak pernah tidur dengan kipas angin dalam keadaan menyala di dalam ruangan mereka. Nanti bisa-bisa koit gara-gara sesak nafas!

19

20. Menurut orang Inggris, meletakkan sepatu di atas meja berarti akan membawa nasib buruk. Dan yang pasti nggak sopan juga, yah?

20

21. Membeberkan rencana perjalanan adalah hal yang no-no banget bagi masyarakat Senegal. Soalnya, bisa aja ada orang jahat yang mendengar dan pada akhirnya malah membahayakan kamu. Nah, yang satu ini baru masuk akal!

21

(sumber gambar: winkslots.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©