Menu

Cari Tahu Jurusan Kuliah yang Sesuai Dengan Kepribadian Kamu Lewat Kode Holland!

Di fitur Tanya Youthmanual, pertanyaan-pertanyaan seputar “saya cocoknya ambil jurusan apa, ya?” atau “kira-kira jurusan X dan karir Y cocok untuk saya nggak, ya?” adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan. Minimal sehari ada satu, lah.

Dan kita yakin banget kalau kamu yang meninggalkan pertanyaan serupa adalah kamu yang: a) belum ngikutin asesmen Youthmanual sama sekali, atau b) sudah menyelesaikan asesmen, tapi nggak ngebaca hasilnya dengan mendetail. Bener, nggak?

Padahal, jurusan dan karier yang kita rekomendasiin sesuai kepribadian dan minat kamu udah ada di sana, lho. Dan rekomendasi yang kita berikan tersebut diformulasikan berdasarkan teori kepribadian Kode Holland yang populer di kalangan profesional dalam menentukan karier dan kesuksesan seseorang.

Kode Holland adalah teori yang dikemukakan dan dikembangkan oleh psikolog John L. Holland yang mengacu pada pengaruh minat dan kepribadian seseorang terhadap karier dan kesuksesan seperti apa yang ingin dicapainya.

Holland mengelompokkan tipe-tipe kepribadian sesuai dengan jalan karier tertentu menjadi enam, yaitu Realistic (praktikal), Investigative (pemikir), Artistic (kreator), Social (penolong), Enterprising (persuasif), dan Conventional (pengorganisir). Keenam tipe ini diakronimkan menjadi sebuah kode yang disebut RIASEC.

riasecDiagram RIASEC

Dalam teorinya, Holland menyatakan bahwa tiap-tiap individu dari tipe kepribadian memiliki karakteristik yang tepat untuk bekerja di salah satu bidang pekerjaan yang sesuai dengan minatnya, yang diyakini akan memberikan level produktivitas yang lebih tinggi dan tingkat pencapaian kesuksesan yang lebih maksimal dibandingkan mereka yang tidak memiliki kepribadian yang sama.

Dalam praktinya pun ternyata terbukti, lho, gaes. Sebagai contoh, individu yang memiliki tipe Artistic akan lebih tertarik dengan lingkungan kerja yang ala-ala artsy, dan mereka merasa lebih puas jika mendapatkan kerja yang berkaitan dengan bidang kreatif. Begitu pula dengan tipe lainnya.

Trus, ada banyak, lho, jenis pekerjaan yang nggak cuma cocok dengan satu jenis kepribadian aja. Misalnya, kalau mau jadi arsitek, kamu nggak harus punya kepribadian Artistic agar sesuai dengan pekerjaan ini. Ada juga tipe kepribadian yang cocok untuk menjadi seorang arsitek, seperti Enterprising dan Realistic. Intinya, yang namanya rekomendasi, jangan ditelen bulet-bulet, lah!

Nah, biar kamu makin paham, simak penjabaran masing-masing tipe kepribadian di bawah ini.

1. Realistic (praktikal)

realistic

Individu yang bertipe Realistic adalah individu dengan kepribadian yang menyenangi kebebasan, persistensi, sesuatu yang bersifat praktis dan melibatkan fisik. Mereka adalah orang yang nggak neko-neko dan sangat down to earth. Tipe ini lebih suka berurusan dengan sesuatu yang konkrit dibandingkan dengan ide ataupun orang lain. Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The Practical Doer.

Karena orangnya “fisik” banget, nggak jarang kamu yang jatuh di tipe kepribadian ini punya nilai plus di bidang atletik. Selain itu, kamu juga suka melakukan kegiatan di luar ruangan, mengoperasikan alat-alat, dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Anak alam banget, deh, pokoknya!

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

2. Investigative (pemikir)

investigative

Tipe Investigative adalah orang-orang menyukai hal-hal berbau intelektual dan senang bermain dengan logika. Mereka sangat suka mengobservasi, menganalisis, dan melakukan segala sesuatu atas dasar yang jelas. Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The Curious Analyst.

Kamu yang memiliki kepribadian ini juga jago banget memecahkan masalah dan menemukan solusi untuk segala hal. Trus, kamu juga dikenal dengan orang yang penuh rasa ingin tahu (bukan kepo, lho, ya!) dan nggak takut untuk mencoba hal-hal baru yang menarik minat kamu.

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

3. Artistic (kreator)

artistic

Si Artistic adalah individu yang memiliki jiwa kreatif dan orisinalistas yang nggak ada duanya. Mereka senang menciptakan hal-hal baru, sangat intuitif, penuh spontanitas dan imajinasi, serta selalu memiliki ide-ide dan konsep yang kece. Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The Creative Maestro.

Dengan pembawaan kamu yang aestethic abis, kamu lebih menyenangi pekerjaan yang berada di area industri kreatif. Kamu juga jago mengekspresikan diri secara visual maupun verbal, dan sangat mengandalkan feeling dalam mengerjakan segala hal. Karena itulah kemampuan komunikasi kamu juga patut diacungi jempol.

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

4. Social (penolong)

social

Pastinya, orang-orang yang berkepribadian satu ini memiliki jiwa sosial yang tinggi. Mereka adalah individu yang senang bekerjasama, berempati, dan berinteraksi dengan orang lain. Rasa sabar dan kepeduliannya bukan main, sob! Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The People Hero.

Para “penolong” ini sering berbuat sesuatu untuk orang lain karena kepekaan dan kemampuan interpersonalnya sangat baik. Selain itu, kamu yang memiliki tipe kepribadian ini sangat menyenangi hal-hal humanitarian dan filantropi dan dikenal sebagai orang yang murah hati. Saik!

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

5. Enterprising (persuasif)

enterprising

Tipe kepribadian persuasif adalah tipe yang senang memimpin dan mengatur orang lain. Karena pribadinya yang sangat dominan, mereka mudah mendapatkan kepercayaan orang-orang disekitarnya dan dapat dengan mudah meyakinkan mereka dengan apapun yang mereka katakan atau lakukan. Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The Charismatic CEO.

Kamu yang memiliki kepribadian ini sangat pandai dalam mengelola suatu kelompok, sehingga nggak heran kalau kamu sering banget ditunjuk untuk menjadi seorang pemimpin. Kamu dikenal sebagai orang yang supel, bersemangat, penuh percaya diri, dan senang berkompetisi.

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

6. Conventional (pengorganisir)

conventional

Sesuai namanya, tipe kepribadian Conventional adalah individu yang sangat konservatif dan sangat menyenangi pekerjaan yang rutin dan berulang. Mereka suka bekerja dengan data, angka, dan mengolah informasi. Dalam hasil asesmen Youthmanual, kamu yang termasuk tipe ini disebut juga dengan The Efficient Organizer.

Kalau kamu punya tipe kepribadian ini, kamu adalah orang yang menyukai keteraturan dan kerapihan. Kamu juga cekatan, efisien, dan mudah dalam memperhatikan detail. Lingkungan kerja idaman kamu adalah selalu berada di dalam ruangan dengan panduan kerja yang jelas.

Beberapa contoh pilihan jurusan yang sesuai untuk kepribadian ini antara lain:

Baca juga:

(sumber gambar: jist.com, kuder.com, centraltest.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©