Menu

Infografik: Apa, sih, yang Membedakan Generasi Z dengan Generasi-Generasi Sebelumnya?

Selama ini, Youthmanual getol banget ngebahas anu-itu seputar generasi milenial. Soalnya, mayoritas audiens kita dulu emang milenial, sob! Tapi kita yakin banget kalau belakangan ini kamu yang berasal dari generasi Z-lah yang paling sering wara-wiri bacain artikel kece dan ngulik info soal jurusan dan karier di sini.

Kamu yang lahir di era awal 2000-an (ada yang bilang mulai tahun 1995 ke atas!) alias generasi Z sejatinya adalah individu yang lagi sibuk nyari jati diri dan galau mau ambil jurusan apa, kuliah dimana, dan ingin berkarier seperti apa. Yes, siswa siswi SMP-SMA, you are the Gen Z.

Beda generasi sudah pasti beda juga karakteristiknya. Nah, biar kamu makin kenal dan paham dengan generasi kamu sendiri, yuk simak infografik-infografik seru tentang perbedaan generasi kamu dengan generasi lainnya di bawah ini!

1

Kalau para milenial paling sering nongkrong di depan laptop/komputer, Gen Z lebih suka menghabiskan waktunya dengan smartphone. Duh, kerasa banget ya bedanya!

2

Dibandingkan generasi-generasi pendahulunya, nggak banyak Gen Z yang masih suka nonton TV. Mereka juga lebih sering nontonin acara TV tapi bukan di...TV *bingung sendiri*

3

Platform Facebook dan Youtube masih menjadi favorit kedua generasi, Tapi Gen Z lebih menaruh perhatian ke medsos-medsos “rookie” seperti Instagram, Snapchat, dan Vine.

4

Gen Z lebih memilih punya barang-barang keren daripada pengalaman yang seru! Dan lagi-lagi, mereka paling suka kalau suatu merek “menjangkau” mereka via sosmed.

5

Gen Z juga lebih senang membeli daripada DIY-an dan cenderung menyukai sesuatu yang populer daripada sesuatu yang unik. Serba praktis dan mainstream semua, nih, ye...

6

Di bidang pekerjaan dan karier, kualifikasi sebagai seorang pekerja profesional yang paling relevan bagi para Gen Z adalah di bidang manajemen bisnis, studi psikologis, serta edukasi dan pengembangan.

7

Sedangkan skill-skill dominan yang dikuasai oleh para Gen Z adalah “melek” teknologi, riset online, serta kewirausahaan (entrepreneur) dan inovasi. Kamu udah punya skill-skill ini, belum?

8

Dari karakteristik sebagai pekerja, Gen Z dikenal sebagai individi berjiwa entrepreneur, fasih dalam dunia teknologi, dan suka meng-empower orang lain. Keren!

(sumber gambar: nyt.com, visioncritical.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©