Menu

Komik Tentang Pacaran Jarak Jauh, Untuk Kamu Para Pejuang LDR

Kamu mahasiswa perantau? Harus pacaran jarak jauh? Simak webcomics ini, deh!

Seniman digital dan pencipta webcomic Tabby dari Illinois, Amerika Serikat (24 tahun) paham banget sama yang namanya derita LDR (long-distance relationship) alias pacaran jarak jauh.

Tabby dan pacarnya, Samuel, memang pacaran jarak jauh—Tabby di Amerika, Samuel di Kanada. Nah, selama setahun, Tabby membuat webcomic yang mendokumentasikan suka duka pacaran jarak jauh yang dia alami.

Tabby dan Samuel sama-sama seniman digital, dan mereka pertama kali “kenalan” di situs seni digital Deviantart tahun 2012. Awalnya, mereka saling chatting untuk membahas karya seni. Eh, ternyata mereka cocok, sehingga lama-lama mereka jadi teman dekat.

Setelah beberapa bulan chatting-chattingan, akhirnya mereka saling mengaku bahwa mereka saling suka, meskipun sambil bingung gimana caranya menjalani hubungan jarak jauh.  Apalagi area tempat tinggal Tabby sulit sinyal hape, dan waktu itu, kuota Internet Tabby punya data limit. Jadi dulu, kalau Tabby mau video call Samuel, dia harus ke kafe kampusnya dulu untuk jadi fakir wi-fi. Sounds familiar ya, gaes!

“Tujuan utama saya membuat komik ini tadinya untuk hadiah anniversary satu tahun, untuk pacar saya. Isi komiknya adalah kejadian-kejadian yang kami alami, dari mulai kenalan, sampai kami ‘resmi’ pacaran.

Tabby membuat komiknya dengan dicicil. “Awalnya 2x seminggu, lama-lama 5x seminggu, selama setahun penuh.” tulis Tabby di situs Patreon. “Rutinitas ini nggak hanya mengasah kemampuan saya sebagai seniman, tapi juga mendokumentasikan babak LDR ini di hidup saya.” 

Terakhir, Tabby juga kasih saran, nih, untuk pejuang-pejuang LDR di luar sana, agar hubungan kalian bisa awet,

“Pokoknya harus ada komunikasi yang kuat, rasa percaya, dan pengertian antar satu sama lain.”

Kamu harus siap kalau kamu kesepian banget, dan kalau lingkungan kamu nggak paham atau nggak mendukung LDR kamu.

Kamu harus memperjuangkan hubungan kamu, karena LDR itu nggak gampang dan banyak rintangannya. Jangan sampai keraguan atau ketakutan muncul di pikiran kamu. Percaya, deh, apapun tantangannya, kamu dan pacar kamu bisa mengatasinya, kok.” Mantap!

Kalau kamu termasuk pejuang LDR, simak komik ini deh, supaya agak terharu-biru, atau malah mungkin makin semangat menghadapi kejamnya jarak. Be strong ya, sob!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©