Menu

7 Cara Untuk Membuat Semester Ini Lebih Sukses Dari Semester Lalu

1. Jadilah positif

Terlepas dari apapun yang terjadi semester lalu, tetaplah berpikiran—dan bersikap—positif. Hal ini akan membantu kamu menjalani semester baru dengan semangat, dan dengan langkah-langkah yang benar.

Ingat, kamu nggak bisa mengontrol hal-hal yang menimpa kamu, apalagi kalau terjadinya karena faktor takdir. Tetapi kamu bisa mengontrol cara kamu BEREAKSI terhadap kejadian-kejadian tersebut. Kesel berkepanjangan? Patah arang? Dendam? Atau malah berusaha positif dan cepat move on?

2. Belajarlah dari kesalahan

Semua orang pasti pernah bikin salah, kok. Untungnya, sebagai mahasiswa, kamu nggak akan di-DO kalau hanya melakukan kesalahan-kesalahan yang nggak fatal. Kamu baru akan di-DO kalau kamu melakukan kesalahan yang super besar dan fatal.

Gunakan kesalahan-kesalahan yang kamu buat semester lalu untuk memperbaiki performa kamu semester ini. Cari cara untuk memperbaiki—atau lebih baik lagi, menghindari—kesalahan tersebut.

FYI, ciri orang sukses adalah menemukan cara untuk membalikkan kelemahan dia menjadi kekuatan, lho. Bahkan kesalahanmu yang paling besar pun bisa jadi pengalaman yang bisa membuat kamu introspeksi dan jadi orang yang lebih baik.

3. Belajarlah dari hal-hal yang kamu lakukan dengan benar

Kebanyakan orang suka terlalu terpuruk dalam kegagalan atau kesalahan mereka semester lalu. Misalnya, terpuruk dalam IPK yang nggak memuaskan, atau terpuruk dalam kegagalan mendapatkan pacar baru, hihihi.

Akibatnya, mereka lupa bahwa mereka juga membuat banyak keberhasilan, lho! Misalnya, IPK kamu semester lalu mungkin jeblok, tapi kamu sukses terpilih jadi ketua organisasi, lho. Ihiy! Hal ini terjadi karena manusia memang cenderung lebih fokus pada hal-hal negatif di diri mereka. Cari “keberhasilan” atau hal-hal membanggakan yang kamu lakukan semester lalu, dan lanjutkan!

4. Visualisasikan gol kamu

Buat, deh, visualisasi yang rinci di kepala kamu—apa, sih, harapan kamu di semester ini? Apa yang pengen banget kamu wujudkan di semester ini? Lalu pikirkan aksi atau langkah yang perlu kamu lakukan untuk mencapai goals tersebut. Jangan pesimis, dan merasa, “Kayaknya nggak mungkin, deh.” Ingat, dulu hal-hal seperti pergi ke bulan juga cuma khayalan di kepala orang, sampai akhirnya beneran bisa terwujud. Maksudnya, nggak ada yang nggak mungkin!

Untuk membuat visualisasi goal kamu jadi lebih kuat, buatlah papan berisi gambar-gambar yang mewakili impian kamu, lalu gantung di meja, atau di manapun yang gampang kamu lihat.

5. Jangan gengsi minta bantuan

Kalau semester lalu nilai-nilai kamu kurang bagus, semester ini coba cari bantuan tutor atau les tambahan.

Kalau semester lalu kamu merasa agak emosional atau banyak masalah pribadi, semester ini bahas dengan selesaikan masalahnya dengan keluarga, orang terdekat, bahkan psikolog.

Kalau semester lalu kamu bingung dengan pilihan mata kuliah yang sebaiknya diambil, semester ini diskusikan dengan dosen Pembimbing Akademik.

Kalau kamu nggak paham tentang hal-hal seputar organisasi, kemahasiswaan, dan sebagainya, semester ini tanya ke senior.

Intinya, apapun masalahnya, percaya aja PASTI ada orang yang bisa bantu kamu. Pergunakanlah orang-orang tersebut, dan say no to malu atau gengsi.

6. Gunakan waktu dengan bijak

Waktu adalah komoditas yang penting banget untuk mahasiswa. Kita semua tahu ini. Tapi tetap aja kita sering menunda-nunda melakukan hal penting, dan malah memprioditaskan hal hura-hura.

Semester ini, lakukan segala cara untuk mengubah kebiasaan buruk kamu tersebut. Singkirkan console game kamu kek, jangan pacaran dulu kek (wah, berat, sob!), apapun lah.

Bukannya kamu nggak boleh bersantai sama sekali, ya, tapi jangan sia-siakan terlalu banyak waktu kamu untuk hal-hal yang bukan prioritas.

7. Tetaplah termotivasi. Jangan kasih kendor!

Banyak mahasiswa yang semangat banget menyambut semester baru, dengan segudang niatan positif.

Tapi setelah beberapa minggu, semangat mereka luntur dan kembali malas-malasan. Bahkan menjelang ujung semester, motivasinya hilang semua. Yang tadinya berniat mau mencicil belajar setiap hari, ujung-ujungnya belajar SKS juga buat UAS!

Jangan lupa, gaes. Kuliah itu seperti lomba lari marathon. Perjalanannya jauh, jadi yang penting kamu harus berlari dengan “stabil”. Nggak perlu ngebut, yang penting kamu nggak berhenti lari sampai garis finish. Jangan kasih kendor, gaes!

***

Last but not least, semua nasehat ini akan percuma kalau hanya dibaca, tanpa dilaksakan. Yuk, take action dan pastikan semester ini kamu lebih sukses dari semester kemarin!

(sumber gambar: youtube.com, learningmindsgroup.com, virtuallearningacademy.co.uk, jeffrose.wpengine.netdna-cdn.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©