Menu

Persiapan Kuliah 101

Panduan ini akan membantumu untuk menyusun rencana kuliah dari bangku sekolah, mengenali bidang-bidang program studi kuliah, serta memilih kampus yang paling tepat buatmu.

Nggak peduli apakah saat ini kamu baru masuk SMP atau udah mau lulus SMA, ketika ditanya soal kapan saat yang tepat untuk merencanakan kuliah, jawabannya cuma satu: sekarang.

Gaes, nggak ada kata terlalu cepat atau bahkan terlambat untuk merencanakan kuliah. Soalnya, proses merancang masa depan bukanlah sesuatu yang instan. Kamu butuh persiapan yang sangat matang dalam menentukan ingin menjadi apa kamu nantinya, agar kamu nggak sampai salah pilih jalan hidup. Ngeri!

Sebelum kita ngomongin lebih jauh tentang perencanaan kuliah, kamu harus tahu dulu, nih, alasan kenapa kamu wajib memepertimbangkan alasan-alasan kenapa kamu harus melanjutkan pendidikan tinggi di bangku kuliah.

 

Kuliah Bukan Hanya Untuk Gelar dan Uang!

Karena sudah punya pekerjaan yang oke dan penghasilan yang menjanjikan, buat apa kuliah? Lihat Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan Steve Jobs, mereka nggak selesai kuliah, tapi malah jadi super sukses. Belum lagi pencapaian Ibu Menteri Susi Pudjiastuti yang sekolahnya nggak selesai. Toh, semua bisa diraih tanpa kuliah ‘kan? Apalagi kalau memang nggak berencana untuk kerja nantinya.

Gaes, entah kamu sudah punya bisnis sendiri, kerjaan yang mentereng, banyak yang endorse, atau mau nikah sama anak raja sejagat sekalipun, KULIAH TETAP PENTING! Malu sob, sama Emma Watson dan Maudy Ayunda, yang kece, tenar, sukses, penghasilannya tinggi, tapi tetap mentingin kuliah. Menurut Youthmanual dan para kakak-kakak mahasiswa dan alumni, ini nih, alasan kenapa kamu harus kuliah!

1

Ketika sudah memutuskan untuk merencanakan kuliah sedini mungkin, artinya kamu sudah selangkah lebih siap untuk menentukan masa depan. Tapi, sayangnya masih banyak anak muda yang salah kaprah ketika menyusun perencanaan kuliah. Sebagian besar anak muda merencanakan kuliah cuma mementingkan aspek teknisnya aja. Padahal, ada hal yang lebih penting untuk kamu lakukan sebelum siap menentukan akan berkuliah di mana, di program studi apa, dan ingin menjadi apa, yaitu: mengenali diri sendiri dengan lebih baik!

Nah, agar nggak membuang waktu dan tenaga, ada baiknya kalau kamu “cicil” perencanaan kuliahmu dari sekarang. 

Persiapan kuliah yang paling dasar adalah mempersiapkan diri sendiri. Pertama, kamu perlu tahu dulu apa pentingnya meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Bukan semata demi gelar, sob! Nah, karena kuliah itu sangat penting bagi masa depan, jangan sampai kamu asal ambil keputusan. Kamu nggak mau, dong, 4 tahun masa kuliah dijalani dengan setengah hati akibat asal-asalan dalam menentukan program studi?

 

"Sebelum memilih jurusan kuliah dan kampus yang dituju, coba kenali dirimu. Apa kepribadianmu? Trus, ke arah mana minatmu? Cari tahu dan gali kemampuan dan potensi yang kamu miliki. Semua itu bakal membantu kamu dalam merancang kuliah dan masa depan."

 

Intinya, perencanaan kuliah itu bukanlah hal instan yang bisa kamu tunda sampai kelas 12, gaes. Dalam bagian ini, yuk pahami panduan persiapan kuliah yang bisa kamu lakukan dari bangku sekolah—mulai dari mengenal diri sendiri, menemukan program studi yang tepat untukmu sesuai dengan kepribadian, minat, dan bakat yang kamu miliki, sampai membuat perencanaan kuliah konkrit yang bisa kamu lakukan sedini mungkin!


Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©