Menu

Acara-Acara TV yang Berfaedah dan Nggak Kalah Seru Dengan Youtube

Oleh Firlya Hasna

Kalau dibandingkan, sebenarnya mana yang lebih berfaedah—tayangan TV atau Youtube?

Walaupun Youtube sedang naik daun, sebenarnya keduanya menghadirkan tayangan yang bermanfaat dan menghibur, kok.

Sekarang ini, Youtube memang gencar banget menyajikan konten yang menarik, sementara mutu tayangan televisi—khususnya di saluran lokal—dianggap menurun.  

Padahal nggak juga, lho. Ini nih beberapa tayangan televisi yang menghibur sekaligus berfaedah, cocok untuk mengisi waktu senggang kamu.

1. Brain Games (Metro TV)

Mungkin kamu udah familiar juga, ya, dengan Brain Games. Tayangan produksi National Geographic yang disiarkan di Metro TV ini memang unik banget, karena tujuan tayangannya adalah menunjukan kalau otak kita ini sebenarnya sangat unik.

Maka dari itu, Brain Games rutin menyajikan eksperimen, untuk menunjukkan bagaimana otak manusia merespon sesuatu. Misalnya, kenapa, sih, kalau melihat orang nguap, kita suka latah ikut-ikutan nguap? Atau kenapa, sih, remaja biasanya suka “nekat” dan mengambil risiko besar dibandingkan orangdewasa? Kenapa hayoo…

Serunya lagi, tayangan ini juga interaktif dengan penonton di rumah. Jadi kamu juga bisa mencoba serangkaian tes ringan dari Brain Games di rumah. Hasilnya pun bisa kamu analisa sendiri.

2. Crowd Control (National Georaphic)

Masih dari National Georaphic, Crowd Control menayangkan bermacam-macam eksperimen untuk mencoba mengubah perilaku negatif masyarakat, agar problem sosial bisa teratasi. Misalnya, walaupun lalu lintas sudah menetapkan batas kecepatan maksimal, masih ada aja kendaraan yang kebut-kebutan di jalan, dan cuek kalau ditilang. Nah, gimana kalau pengemudi diberikan insentif atau reward kalau mau memperlambat laju kendaraannya?

Meskipun begitu, ide-ide yang diaplikasikan tim Crowd Control nggak selalu berhasil, lho. Makanya, mereka selalu meng-upgrade cara-cara eksperimen mereka menjadi seru dan nggak lazim, supaya masyarakat (yang berpartisipasi) pun mau mengikuti “aturan main”nya.

3. Pagi-Pagi (NET TV)

Nah, kalau ini adalah program produksi saluran TV lokal, NET TV.

Sesuai dengan namanya, Pagi-Pagi adalah program yang hadir di pagi hari, dengan penyajian yang super ringan dan kocak banget. Tayangan yang dibawakan oleh Andre Taulany dan Hesti Purwadinata ini nggak hanya menghibur, tetapi juga berfaedah dengan berbagai sajian artikel, video, serta eksperimen ilmiah yang gampang dipraktekkan oleh penonton. Pagi-Pagi pun kadang mengundang para pengusaha lokal untuk mempromosikan produk-produk mereka yang unik. Wawasan kamu tentang produk lokal jadi tambah luas, deh!

Pokoknya, satu jam di pagi hari kamu nggak akan sia-sia kalau nonton acara ini.

4. Tau Gak Sih? (Trans 7)

Program TV dari Trans 7 ini cukup unik nih, gaes. Tau Gak Sih biasanya mewawancara beberapa orang tentang sejauh mana mereka tahu asal muasal sesuatu; bisa berupa makanan, tempat, kebiasaan hidup, dan sebagainya.

Jawaban wawancaranya pun lucu-lucu banget, karena biasanya, orang-orang yang diwawancara nggak betul-betul paham tentang topik yang sedang dibahas. Padahal topiknya biasanya sederhana dan nggak pernah jauh-jauh dari keseharian, lho. Hanya saja, kebanyakan orang memang nggak terlalu mendalami hal-hal di sekitarnya.

Lewat Tau Gak Sih, kamu jadi bisa lebih paham tentang berbagai hal di sekitar kamu. Apalagi yang menyajikan jawabannya adalah ahlinya langsung, sehingga infonya pun nggak sembarangan.

***

Sebenarnya masih banyak, kok, tayangan TV lain yang menghibur sekaligus infromatif. TV isn’t that bad, termasuk jika disandingkan dengan Youtube. Walaupun nggak bisa dipungkiri, banyak juga program acara TV Indonesia yang hanya untuk mengejar rating, tanpa memikirkan kualitas. Ujung-ujungnya, filter terbaik ya kamu sendiri. Kamu harus pintar memilah, mana tayangan “sampah”, mana tayangan berfaedah.

Selamat menonton!

(sumber gambar: kit8.net, kingoftheflatscreen.com, justinmcclure.com, tvguide.co.id, insharee.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©