Menu

Film-Film yang Menampilkan Berbagai Profesi Seru

Kamu bisa lho, mengenal berbagai profesi lewat film. So, prepare your popcorn (baca: keripik singkong, mi instan), dan tonton yang berikut ini.

Now You See Me 1 & 2 (2013 dan 2016)

Profesi: Magician

now you see me

Berkisah tentang dunia magician, film ini beneran seru abis! Ceritanya seputar grup magician yang dijuluki Horsemen. Mereka jago dan ngetop banget, sampai-sampai jadi buronan polisi lantaran melakukan trik magic membobol bank.

Dari film ini, kamu bisa tahu kalau menjadi magician itu nggak semata mengandalkan trik dan sama sekali bukan sihir, sob! Seorang magician harus kreatif, bisa menampilkan atraksi menghibur, komunikatif dengan audiens, dan mengikuti perkembangan teknologi. Yup, soalnya trik sulap nggak terlepas dari teknologi dan inovasi.

Nightcrawler (2014)

Profesi: Jurnalis - videografer (citizen journalism)

nightcrawler

Dengan berkembangnya citizen journalism, bisa dibilang semua orang bisa menjadi kontributor berita. Yup, orang biasa (bukan tim berita media) bisa memvideokan kejadian dan menjual beritanya ke stasiun tv/media.

Film ini menyoroti sisi kelam kontributor jurnalis kriminal. Tokohnya, Louis Bloom  rela melakukan apa saja demi mendapat gambar video yang bagus untuk berita kriminal. Ia nggak peduli kode etik jurnalistik atau peraturan yang berlaku.

American Sniper (2014)

Profesi: Tentara (penembak jitu)

american sniper

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang tentara Amerika Serikat yang bertugas sebagai sniper. Keahliannya menembak sangat membantu pasukannya. Sebaliknya, banyak pula nyawa yang melayang di tangannya selama perang.

Walau dianggap pahlawan, tapi jiwa Chris Kyle nggak tenang. Bahkan ketika ia kembali ke tanah air bersama keluarga, ia tetap nggak bisa melupakan perang. Film ini menggambarkan beratnya tugas sebagai tentara.

Joy (2015)

Profesi: Pengusaha dan inventor

joy

Film semi fiksi ini terinspirasi dari kisah Joy Mangano, seorang perempuan yang sukses setelah menjual alat pel inovasinya sendiri, Miracle Mop. Ia lantas mempatenkan produk tersebut dan memproduksi produk rumah tangga lainnya.

Nggak gampang lho, perjalanan Joy. Ia sempat diremehkan, ditipu, produknya ditiru, nggak laku, hingga terancam bangkrut. Walau sempat gagal dan mengalami tantangan yang berat, tapi Joy nggak patah semangat.

Straight Outta Compton (2015)

Profesi: Musisi/Komposer/Pencipta Lagu /Manajer

straight outta the compton

Kisah nyata rapper slash gangster, Easy-E, Ice Cube, dan Dr.Dre diangkat dalam film ini. Akhir tahun 80an hingga tahun 90an merupakan era grup rap kulit hitam. Kebanyakan dari mererka berasal dari lingkungan miskin dan anarkis.

Perkembangan musik rap saat itu nggak lepas dari isu kriminal, diskriminasi, dan perlawanan. Dengan nonton film ini, kamu pun mendapat gambaran seputar pekerjaan orang-orang di industri musik. Mulai dari kesibukan musisi selama tur dan rekaman. Juga proses mencari ide untuk lagu, hingga peran manajer musik.  

The Intern (2015)

Profesi: Founder/CEO dan pekerja startup e-commerce fashion

the intern

The Intern mengangkat mengenai bisnis yang sangat kekinian yaitu e-commerce fashion. Diceritakan bahwa perusahaan e-commerce fashion tersebut sukses dan tumbuh besar dengan cepat, hingga si founder sekaligus CEO-nya pun kewalahan.

Di sini digambarkan bagaimana kantor khas startup yang kebanyakan pegawainya anak muda, terkesan santai, namun kerjanya gila-gilaan. Kamu juga bisa melihat kalau customer service memegang peranan penting dalam industri e-commerce. Bahkan diceritakan kalau Jules Ostin, si founder sekaligus CEO selalu menyempatkan diri untuk terjun langsung ke bagian customer service.

(sumber gambar: theguardian.com, screenrant, independent.co.uk, variety.com, chicagoreader, crosswalk.com)

Baca juga:

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©