Menu

Prisma, Aplikasi Filter Foto yang Bisa Mengubah Foto Kamu jadi Karya Seni

Aplikasi filter foto kece nambah lagi nih, gaes! Tapi kali ini filternya bukan sekedar bikin foto muka kamu jadi mulus, hitam putih atau vintage styles aja. Aplikasi bernama Prisma ini ngasih kamu kesempatan untuk berkreasi layaknya seniman Van Gogh, Picasso, Levitan dalam bermain pola serta ornamen.

Setelah saya download lewat App Store (atau Google Play untuk pengguna Android), saya beneran yakin kalau Prisma emang keren. Dengan 34 filter foto yang nggak pasaran, kita diajak untuk bisa mengubah foto jadi sebuah “karya seni”. Aplikasi ini menggunakan kombinasi dari jaringan saraf tiruan alias neural networks dengan artificial intelligence untuk mengaplikasikan filter.

Prisma 1 - Youthmanual

Prisma 1 - Youthmanual

Semua proses pengolahan foto dilakukan oleh server Prisma. Prisma sendiri mengklaim kalau mereka nggak akan menyimpan satupun hasil foto yang sudah diedit. Jadi kamu nggak perlu khawatir soal masalah privasi.

Menurut Prisma Labs, inc., Prisma memang dibuat dengan prinsip kudu instan dan gampang. Kita bisa capture foto lewat aplikasi ini atau langsung memilih foto sendiri di gallery smartphone. Karena kemudahannya inilah, Prisma udah diunduh lebih dari 10 juta pengguna padahal baru dirilis awal Juli kemarin! Warbiyasak!

Prisma 2 - Youthmanual

Setelah memilih filter foto, kamu bisa langsung post hasil editan ke media sosial kayak Facebook, Instagram, atau menyimpannya ke gallery smartphone kamu sendiri. Tapi, Prisma adalah murni aplikasi untuk mengedit foto. Nggak kayak Instagram atau media sosial lain, Prisma nggak punya feed atau timeline sendiri. Lagi-lagi, ini bikin Prisma jadi aplikasi yang nggak rumit.

Satu hal yang saya suka banget adalah tombol pengaturan yang super gampang.

Prisma menyediakan tiga jenis pengaturan yaitu menyimpan foto orisinil hasil tangkapan kamu, menyimpan hasil olahan foto secara otomatis ke gallery smartphone dan penggunaan Prisma watermark.

Selain tiga pengaturan di atas, kamu juga bisa mengatur berapa persen komposisi editan yang mau kamu pakai. Bisa full 100%, atau kamu kurangi jika efek filternya terlalu mencolok.

Selamat bikin karya seni, gaes!

Baca juga:

(Sumber gambar: gadgets.ndtv.com, hackread.com, howtomob.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©