Menu

Orang yang Suka Berpikir Dengan Lebay Bisa Jadi Ternyata Jenius!

Sering merasa kamu suka mikir berlebihan? Terlalu gampang khawatir? Suka lebay? Jangan sedih dulu, sob. Karena bisa jadi kamu ternyata orang yang jenius, lho!

Sebuah penelitian di King’s College, London, mengatakan bahwa orang-orang yang overthinking—alias terlalu memikirkan hal-hal di sekeliling mereka—punya tingkat kreatifitas serta kejeniusan yang tinggi juga.

Kok bisa begitu?

Jadi, penelitian tersebut percaya bahwa para overthinkers (baca: orang-orang yang suka overthinking), punya aktifitas otak yang lebih tinggi di bagian tertentu. Mereka lebih cepat merasa panik dan waspada dengan keadaan sekitar. Intinya, rasa khawatir ini justru menjadi “bensin” dalam siklus berpikir dan berimajinasi.

Para overthinkers juga bakal selalu memicu otak untuk menemukan sebuah solusi dari masalah yang terjadi. Semakin dalam pemikiran mereka, semakin kreatif mereka dalam menemukan kemungkinan dan solusi dari masalah tersebut. Sudah pasti nih, gaes, cara overthinkers mendalami sebuah masalah bisa jauh lebih dalam dari mereka yang bukan overthinker.

Overthinking 1 - Youthmanual

Trus, sisi positifnya apa?

Tanpa rasa khawatir yang mendalam, seseorang bakal cepat banget keluar dari masalah yang dia hadapi. TETAPI, cara dia keluar dari masalah kadang nggak bijak. Pokoknya, asal “lari” begitu aja dari masalah tersebut.

Misalnya, kamu nggak khawatir dalam memikirkan jurusan kuliah yang bakal kamu ambil. Pokoknya asal kuliah, deh. Bisa-bisa, kamu jadi "ngasal" dalam memilih jurusan kuliah. Ujung-ujungnya, kamu menyesal karena nggak mikir lebih lama atau lebih dalam sebelum memilih jurusan tersebut.

Kalau nggak ada orang yang khawatir karena ingin bepergian dengan lebih cepat, mungkin roda nggak bakal ditemukan sampai sekarang. Kalau seorang Henry Kissinger nggak khawatir tentang perang yang terus-terusan terjadi, mungkin teori diplomasi nggak bakal ditemukan.

Selain urusan sains, para overthinker juga bisa memikirkan urusan seni secara mendalam, lho. Itulah sebabnya Leonardo Da Vinci disebut-sebut sebagai seniman yang punya pemikiran paling kompleks. Dia juga sering disebut jenius dan kreatif. Pokoknya banyak, deh, overthinkers yang memberikan dampak luar biasa pada dunia.

Overthinking 2 - Youthmanual

Jadi ingat ya, gaes. Kalau ada orang yang bilang kamu lebay, jangan jadi ciut. Kamu harus ingat bahwa beberapa hal memang HARUS dipikirkan dengan lebay. Siapa tahu, pemikiran kamu yang lebay itu suatu saat bisa merubah dunia! #tsaahhh

(sumber gambar: learningmind.com, lifehacker.com, pinterest.com)

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©