Menu
Arm-Chair

Arsitek

Arsitektur dan Konstruksi


  • Gaji rata-rata

    3.8jt - 7.3jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Arsitek?

Arsitek bertugas merancang, mendesain bangunan baru atau merancang proyek renovasi bangunan yang sudah ada. Arsitek harus memastikan desain bangunan cocok dengan persyaratan yang diminta klien, fungsional, aman, dan ekonomis. Arsitek juga biasanya mengontrol penuh proyek yang digarap dari awal sampai akhir, bekerja sama dengan sejumlah ahli lain dalam bidang konstruksi.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.8jt - 7.3jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Proyek Arsitektur
Arsitek Desain
Pimpinan Perusahaan Arsitektur
Arsitek Proyek
Arsitek Senior/Manajer Desain
Drafter Arsitek

Tugas

Merencanakan atau mendesain bangunan seperti perumahan, bangunan perkantoran, teater, pabrik, atau properti struktur lainnya yang sesuai dengan aturan lingkungan, keamanan, dan sebagainya
Mendiskusikan ide, tujuan, persyaratan dan dana dari sebuah proyek, dan dalam beberapa kasus, membantu memilih lokasi proyek
Berkonsultasi dengan para ahli lain, mengenai desain sebuah proyek
Menilai kebutuhan sebuah bangunan dan penggunanya, lalu memberikan saran kepada klien tentang kepraktisan proyeknya
Menyiapkan informasi mengenai desain, spesifikasi bangunan, material, warna, peralatan, perkiraan biaya, dan waktu konstruksi
Menilai dampak proyek yang dia garap untuk lingkungan sekitar
Menggunakan teknologi informasi dalam desain dan manajemen proyek, spesifiknya menggunakan software CAD (Computer-Aided Design)
Menjaga agar proyek tetap dalam anggaran finansial dan tenggat waktu
Memproduksi gambar dan spesifikasi kerja yang mendetil
Menspesifikkan sifat dan kualitas material yang diperlukan dalam proyeknya
Menyiapkan pendaftaran dan presentasi tender
Bernegosiasi dengan para kontraktor dan para ahli lainnya
Menyiapkan pendaftaran untuk departemen perencanaan dan pengaturan bangunan
Mengatur proyek dan membantu untuk mengkoordinasikan pekerjaan para kontraktornya
Mengontrol sebuah proyek dari awal sampai akhir
Melakukan kunjungan ke proyek secara rutin, untuk memeriksa kemajuan proyek dan memastikan bahwa proyeknya berjalan tepat waktu dan tepat anggaran
Memecahkan masalah yang timbul selama pembangunan berlangsung
Memastikan bahwa dampak lingkungan yang timbul dari proyek dapat teratasi

Pengetahuan

Administrasi dan Manajemen

Pengetahuan tentang prinsip bisnis dan manajemen termasuk perencanaan strategis, alokasi sumber daya, pemodelan sumber daya manusia, teknik kepemimpinan, metode produksi, dan koordinasi antara orang dan sumber daya.

Pembangunan dan Konstruksi

Pengetahuan tentang material, metode, dan peralatan konstruksi atau perbaikan rumah, bangunan, serta struktur lainnya, seperti jalan raya.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Desain

Pengetahuan tentang teknik, peralatan dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.

Rekayasa dan Teknologi

Pengetahuan tentang aplikasi praktis dalam ilmu rekayasa dan teknologi. Hal ini termasuk penerapan prinsip, teknik, prosedur, dan peralatan untuk mendesain dan memproduksi berbagai barang dan jasa.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Koordinasi

Menyesuaikan tindakan yang dilakukan, dengan tindakan orang lain.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Pemahaman Membaca

Memahami kalimat dan paragraf yang ditulis dalam dokumen kerja.

Berbicara

Berbicara pada orang lain untuk menyampaikan informasi secara efektif

Analisis Operasi

Menganalisa kebutuhan dan persyaratan produk untuk membuat desain.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Kelancaran Ide - Kemampuan menghasilkan banyak ide untuk satu topik (total ide adalah yang terpenting, bukan kualitas, kebenaran, maupun kreativitas).

  • 3

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 4

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 5

    Penglihatan Jarak Dekat - Kemampuan untuk melihat detil dalam jarak dekat (jarak beberapa kaki dari objek).

  • 6

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 7

    Ekspresi Lisan - Kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan ide ketika berbicara, sehingga orang lain dapat memahami apa yang disampaikan

  • 8

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

  • 9

    Visualisasi - Kemampuan untuk membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat setelah dipindahkan ke sekeliling atau ketika bagian-bagiannya dipindahkan atau diatur ulang.

  • 10

    Orisinalitas - Kemampuan untuk mendatangkan ide-ide yang tidak biasa atau ide cemerlang terhadap topik atau situasi yang diberikan, atau untuk mengembangkan cara-cara kreatif dalam memecahkan masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©