Menu
Arm-Chair

Admin Database

Digital, Komputer & Informatika


  • Gaji rata-rata

    3.5jt - 4.5jt

  • Tren Karir

  • Kecocokan denganmu

Apa itu Admin Database?

Mengelola, menguji, dan melaksanakan sistem database komputer, menerapkan pengetahuan mengenai sistem manajemen database. Seorang Admin Database juga mengkoordinasi perubahan pada database komputer, juga dapat merencanakan, mengkoordinasi, serta menjaga keamanan database komputer.

Jenjang pendidikan minimal

 

N/A

SMK

D3

S1

S2

Gaji rata-rata

3.5jt - 4.5jt

Contoh dari Jabatan Pekerjaan

Manajer Administrasi Database
Administrator Database
Analis Database
Koordinator Database
Programmer Database
Manajer Sistem Informasi
Direktur Manajemen Sistem Informasi
Analis Program
Manajer Sistem

Tugas

Mengelola, menguji, dan melaksanakan sistem database komputer, menerapkan pengetahuan mengenai sistem manajemen database
Mengkoordinasi perubahan pada database komputer
Merencanakan, mengkoordinasi, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga database komputer
Menspesifikkan pengguna situs dan aksesnya untuk setiap segmen database
Menguji program atau database komputer, memperbaiki kesalahan, dan membuat perubahan yang dibutuhkan
Mengubah database komputer dan sistem manajemen database yang sudah ada, atau mengarahkan programmer dan tenaga analis untuk membuat perubahan
Merencanakan, mengkoordinasi dan melaksanakan langkah-langkah keamanan untuk menjaga informasi dalam komputer dari kerusakan, pengubahan atau penyingkapan yang tidak disengaja atau tanpa ijin

Pengetahuan

Administratif

Pengetahuan tentang prosedur dan sistem administratif, seperti mengelolah kata, mengatur dokumen dan catatan, stenografi dan transkripsi, mendesain formulir, serta prosedur dan terminologi kantor lainnya.

Komunikasi dan Media

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Komputer dan Elektronik

Pengetahuan tentang papan sirkuit, prosesor, chip, peralatan elektronik, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, termasuk aplikasi dan pemrograman.

Layanan Pelanggan dan Personal

Pengetahuan tentang prinsip dan proses untuk menyediakan layanan bagi pelanggan dan personal. Hal ini termasuk penilaian kebutuhan pelanggan, memenuhi standar kualitas layanan, dan evaluasi kepuasan pelanggan.

Matematika

Pengetahuan tentang aritmatika, aljabar, geometri, kalkulus, statistik, dan aplikasinya.

Keselamatan dan Keamanan Publik

Pengetahuan tentang peralatan, kebijakan, prosedur, dan strategi yang relevan untuk mendukung operasi razia/patroli yang efektif bagi keamanan lokal, provinsi, dan nasional, serta melindungi orang, data, properti, dan institusi.

Keterampilan

Aktif Belajar

Memahami implikasi dari informasi baru untuk dasar pengambilan keputusan dan penyelesaian masalah sekarang maupun masa datang.

Aktif Mendengarkan

Memberikan perhatian penuh pada perkataan orang lain, menyisihkan waktu memahami poin yang disampaikan, mengajukan pertanyaan sewajarnya, dan tidak menyela pada waktu yang tidak tepat

Penyelesaian Masalah yang Kompleks

Mengidentifikasi masalah yang kompleks dan mengulas informasi terkait dalam rangka mengembangkan dan mengevaluasi pilihan serta solusi yang dapat diterapkan.

Berpikir Kritis

Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani

Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan dari pilihan tindakan yang potensial untuk memilih tindakan yang paling tepat.

Memantau

Memantau/menilai kinerja diri sendiri, individu lain, maupun organisasi untuk melakukan pengembangan atau mengambil tindakan korektif.

Pemantauan Operasi

Mengamati alat pengukur, tombol penyetel, atau indikator lainnya untuk memastikan mesin bekerja dengan baik.

Pemrograman

Menulis program komputer untuk berbagai tujuan.

Kemampuan

  • 1

    Penalaran Deduktif - Kemampuan untuk menerapkan peraturan umum dalam masalah tertentu dalam rangka menghasilkan jawaban yang masuk akal.

  • 2

    Penalaran Induktif - Kemampuan menggabungkan potongan-potongan informasi untuk membentuk peraturan dan kesimpulan umum (termasuk menemukan hubungan di antara kejadian-kejadian yang terlihat tidak terhubung).

  • 3

    Penyusunan Informasi - Kemampuan untuk mengatur berbagai hal maupun tindakan dalam urutan atau pola tertentu sesuai dengan aturan yang ditetapkan (contoh: pola angka, huruf, kata, gambar, operasi matematika).

  • 4

    Pemahaman Lisan - Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami informasi dan ide yang disampaikan melalui kata dan kalimat lisan

  • 5

    Sensitivitas Masalah - Kemampuan untuk memberitahu ketika terdapat sesuatu yang salah atau mungkin salah. Hal ini tidak melibatkan penyelesaian masalah, hanya mengetahui jika terdapat suatu masalah.

Cerita terkait profesi ini

Belum ada cerita yang dibagikan untuk profesi ini.
Jadilah yang pertama untuk bagikan ceritamu!

Dibuat dan dikembangkan di Jakarta, Indonesia Hak Cipta Dilindungi 2015 - 2018 Youthmanual ©